13/06/2018

Pengamat Nilai Pasangan Lukman Edy - Hardianto Sulit Tergoyahkan

IDINDO.com - Pasangan Lukman Edy – Hardianto yang berjibaku di pilkada Riau semakin tak tergoyahkan di puncak.

 Hal ini dibuktikan dengan survey yang dilakukan Indonesia Development Monitoring (IDM). Setelah unggul pada survey pekan lalu, kini survey IDM elektabilitas pasangan Lukman Edy-Hardianto 26,6 persen, diposisi kedua ditempati Syamsuar-Edy Natar di posisi kedua dengan angka 21,4 persen. Sementara pasangan Firdaus-Rusli Effendi 14,2 persen, dan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno 11,4 persen. Dan yang tidak menjawab sebanyak 26,4 persen. 

Menurut pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie kemenangan Lukman Edy tak lepas dari isu yakni, mengatasi korupsi yang merajalela di Riau, peningkatan serta pertumbuhan ekonomi Riau, pengembangan SDM yang mumpuni. 

Memang kata Jerry, Lukman semakin kuat apalagi blusukan yang dilakukannya selama ini dengan membawa program unggulan dan ini diterima dengan baik oleh pemilih bawah.


“Saya yakin pemilih grass root and tradional voters bakal memberikan dukungan sepenuhnya pada Lukman – Hardianto. Belum lagi 30 persen voters (pemillih pemula) diperkirakan akan mendukungnya,” kata dia. 

Dengan hasil ini kata Jerry maka kemungkinan tidak akan berubah sampai pencoblosan nanti. “Saya nilai kekuatan mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini tetap stabil dan aman, paling 2-5 persen suara akan diraihnya,” tutur dia. 

Yang membuat suara Lukman naik adalah isu politik, marketing politik, politik persuasif serta pencitraan yang kuat, dukungan partai serta para relawan. Dua survei ini ujar Jerry, merupakan acuan kemenangan pasangan ini. “Untuk dapat disalib relatif kecil, tapi edy bakal menang namun tak terlalu jauh jaraknya,” tutur dia.  


SHARE THIS

Author:

0 komentar: