22/03/2018

Trump Ancam Berlakukan Pajak Impor Mobil Terhadap Uni Eropah



IDINDO.com - Amerika Serikat (AS) dibawah kepemimpinan Presiden AS Donald Trump akan memberlakukan pajak untuk impor mobil yang berasal dari Eropa.

Ancaman terhadap Uni Eropah ini adalah respon atas keberatan Uni Eropa terhadap tarif impor baja dan alumunium yang akan diterapkan Trump.

"Jika Uni Eropa ingin lebih meningkatkan tarif mereka yang sudah masif dan batasan terhadap perusahaan-perusahaan AS yang berbisnis di sana, kami akan menerapkan pajak terhadap mobil-mobil mereka yang meluncur bebas di AS," tegas Presiden AS ini pada akun Twitter pribadinya seperti dikutip dari Fox News, Senin (5/3/2018).

Pengumumkan rencana penerapan tarif impor sebesar 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor alumunium disampainkannya pada pekan lalu.

Hal itu mendapat reaksi dsri salah satu pimpinan dunia yang geram adalah Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker. Akhir pekan lalu, ia menyatakan Uni Eropa bisa saja menerapkan tarif untuk impor motor besar Harley Davidson, celana jins Levi's, dan minuman keras dari AS.

"Saya tak suka menggunakan istilah perang dagang, namun saya tak bisa melihat ini bukan perilaku layaknya perang," ujarnya.

Sebelumnya, para pejabat Uni Eropa menyatakan telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dan ofensif untuk menyeimbangkan kembali pasar Eropa ketika Trump menandatangani kebijakan tarif pada pekan ini. Langkah-langkah tersebut pun segera dibicarakan oleh Uni Eropa.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: