09/12/2017

Pencairan Anggaran LRT Jabodebek Rp 29,9 T pada January

  Ist

IDINDO.com - Pemerintah menargetkan anggaran pembiayaan proyek light rail transit (LRT) Jabodebek senilai Rp 29,9 triliun dituntaskan selambat-lambatnya pada 22 Desember 2017. Sedangkan pembayaran kepada PT Adhi Karya Tbk diharapkan dapat dilakukan mulai 15 Januari 2018.

Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, investor LRT Jabodebek tetap PT KAI dan kontraktornya adalah Adhi Karya. Karenanya, pemerintah terus memastikan kedua BUMN itu dapat memenuhi tugasnya.

"Tanggal 21-22 Desember 2017 itu diharapkan financial closing. Pencairannya kepada Adhi Karya ditargetkan 15 Januari 2018," kata Luhut dalam jumpa pers terkait perkembangan LRT Jabodebek di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Selain Luhut, konferensi pers tersebut dihadiri pula oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan direksi Adhi Karya maupun KAI.

Luhut memastikan, pemerintah tak akan membentuk perusahaan patungan KAI dan Adhi Karya sebagai investor LRT Jabodebek sebagaimana isu yang beredar beberapa waktu belakangan ini. Menurut Luhut, jika perusahaan patungan itu jadi investor, maka pemerintah tak bisa memberikan jaminan.
"Yang diganti pemerintah adalah KAI karena pemerintah tidak bisa menggaransi yang nonpemerintah makanya kita buat keseimbangan Adhi Karya dan KAI," imbuh Luhut.


Sumber: Investor Daily

SHARE THIS

Author:

0 komentar: