02/11/2017

Survei CSIS: Generasi Milenial Jokowi Ungguli Prabowo


IDINDO.com - Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan elektabilitas Joko Widodo lebih tinggi dibanding Prabowo Subianto di mata generasi milenial. Meski demikian, nama-nama baru juga banyak dipilih oleh generasi milenial. 

Survei CSIS ini dilakukan dari 23-30 Agustus 2017 dengan 600 sampel yan dipilih secara acak (multi stage random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Responden generasi milenial adalah masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilu dan berusia 17-29 tahun. Margin of error survei ini sebesar +/- 4 persen. 

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan quality controlnya 20 persen sampel melalui spotcheck dan 50 persen diverifikasi via telepon. Hasil tersebut dirilis di Auditorium CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017).

 Dari hasil tersebut terlihat Jokowi mendapatkan elektabilitas 33,3 persen sedangkan Prabowo mendapatkan 25 persen. Menurut Peneliti CSIS Arya Fernandes, memang Jokowi masih menempati urutan pertama tapi generasi milenial masih membuka peluang untuk adanya tokoh baru. 

"Memang kalau kita lihat dari data itu, porsi dukungan dari dua tokoh utama masih cukup kuat ya, itu Pak Prabowo dan Pak Jokowi. Jokowi di angka 33 persen sementara Prabowo di angka 25 persen jadi memang kalau dari sisi distribusi suara memang masih relatif masih kuat tersebar di kedua tokoh ini," ujar Arya. 

"Tapi generasi milenial itu membuka ruang bagi munculnya tokoh-tokoh baru nah misalnya tokoh itu yang dianggap mereka mewakili harapan baru misalnya muncul Ridwan Kamil, AHY, mereka menseleksi dari tokoh baru yang sesuai bagi harapan mereka," jelasnya. 

Dilihat dari tingkat pemilihan calon presiden berdasarkan kepemilikan akun media sosial, Jokowi mendapatkan suara terbanyak dari Facebook yaitu 30,6 persen sedangkan Prabowo mendapat suara terbanyak dari Twitter, Path dan Instagram yaitu melebihi 20 persen. 

Berikut hasil survei CSIS dari generasi milenial terhadap tingkat elektabilitas calon presiden: 

1. Joko Widodo: 33,3 persen 
2. Prabowo Subianto: 25,0 persen 
3. Ridwan Kamil: 5,8 persen 
4. Tri Rismaharini: 4,8 persen 
5. SBY: 4,7 persen 
6. Gatot Nurmantyo: 4,2 persen
7. Basuki Tjahaja Purnama: 3,5 persen
8. AHY: 2,7 persen 
9. Susi Pudjiastuti: 2,7 persen 
10. Anies Baswedan: 2,3 persen. 
11. Hary Tanoesoedibjo: 2,3 persen 

Sumber : Kompas.com

SHARE THIS

Author:

0 komentar: