05/11/2017

Land Rover yang Ditunggangi Presiden Biaya Restorasi Rp 250 Juta


IDINDO.com - Ada yang menarik pada mobil off-road yang ditumpangi Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu pada 3 November lalu. Land Rover lawas tersebut dibangun dari berstatus bangkai, hingga mulus kembali, dengan biaya perbaikan ratusan juta rupiah.

Mobil produksi pabrikan asal Inggris, Land Rover, dengan produk Defender 110 County yang diproduksi tahun 1989. Pemiliknya adalah seorang bernama Rusdi.

Sebelum ditumpangi oleh Jokowi, mobil ini tadinya sempat masuk bengkel dan diperbaiki selama sekitar 1,5 tahun di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menurut Iwan, suku cadang yang digunakan banyak menggunakan produk after market dari Land Rover, di antaranya shock absorber dan kaki-kaki dari Terra Firma. Sedangkan cat menggunakan merek Dupont. Cat biru muda dipilih karena warna ini merupakan warna asli dari mobil tersebut.

Iwan menyebut seluruh suku cadang didapat di dalam negeri, kecuali ban yang harus diimpor. Ban yang digunakan adalah Super Dumper yang disebut Iwan tak ada dijual di Indonesia. Untuk sektor mesin, Iwan menyebut mesin yang digunakan adalah mesin orisinil.

"Kalau mesin semua masih aslinya Land Rover, enggak diubah. Kita cuma ganti-ganti kabelnya saja," ucap Iwan.

Land Rover Defender 110 County milik Rusdi merupakan produk peralihan dari Land Rover Series III dengan Defender.

Bila melihat data spesifikasi, mobil ini memiliki sistem gerak roda 4x4, dengan dimensi jarak sumbu roda 2.794 mm, panjang 4.599 mm, serta lebar 1.790 mm. Jantung pacu menggunakan mesin diesel dengan kapasitas mesin 2.2-liter yang berpadu dengan transmisi manual 5-percepatan.

Land Rover mengklaim Defender County mampu menghasilkan tenaga 120 tk pada putaran 3.500 rpm, dan torsi maksimum 360 Nm pada 2.000 rpm. Berkat mesin itu, mobil ini mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 15,8 detik dan kecepatan maksimal 145 kpj.


Sumber : Kompas.com

SHARE THIS

Author:

0 komentar: