14/11/2017

Jan Maringka Putra Kawanua Dilantik Jamintel Kejagung


IDINDO.com - Sejumlah pejabat tinggi di lingkup Kejaksaan Agung (Kejagung) dirotasi. Hal ini dilakukan terkait dengan penyegaran jabatan.

Hal ini sesuai Keputusan Presiden Joko Widodo Presiden (Keppres) terkait penunjukkan pejabat Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia yang sudah sekitar hampir dua tahun kosong. Keppres itu diterbitkan pada Selasa (31/10/2017).

Pelantikan terhadap pejabat tinggi ini digelar di Sasana, Pradana, Kejaksaan RI Jl. Sultan Hasanudin No.1 Jakarta Selatan, Rabu, (15/11/2017).

Sejumlah wajah baru masuk dalam rotasi tersebut. Diantara nama yang ditunjuk Presiden Jokowi yakni Wakil Jaksa Agung, Arminsyah yang kini masih menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Khusus untuk duduk sebagai orang nomor dua di Koprs Adhyaksa.

Yang mengejutkan yakni masuknya nama Jan Maringka yang statusnya kini masih menjabat Kejati Sulsel-Bar. Dia diangkat menduduki posisi penting yakni Jamintel. Maringka menggantikan posisi Ari Togarisman yang ditarik menggantikan

Pria asal Kawanua, Sulut ini Memang punya prestasi mentereng saat Maringka menetapkan Ketua DPRD Sulbar dan tiga wakilnya sebagai tersangka dalam kasus dana bencana senilai Rp 350 miliar.

Selain itu Presiden Jokowi juga mengangkat empat orang pejabat Jaksa Agung Muda yakni Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) untuk menggantikan posisi Arminsyah, Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) dan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun).

Untuk posisi Jampidsus selanjutnya diisi oleh Adi Togarisman, yang sebelumnya menjabat sebagai Jamintel. Sedangkan posisi Jamwas yang lowong beberapa bulan lalu akan diisi oleh M. Yusni. Untuk posisi Jamdatun akan ditempati Loeke Larasati Agoestina, yang baru dua minggu duduk sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Selain itu, Presiden mengangkat pejabat eselon 1 lainnya, untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan yang diisi oleh Setia Untung Arimuladi, Sekretaris Jam Intel yang juga baru dua minggu dilantik 2 pekan berselang, serta para Staf Ahli Jaksa Agung, masing-masing Sudung Situmorang, Agus Riswanto, dan Ferry Wibisono.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: