19/11/2017

Inilah Keindahan Stasiun Kereta Bawah Tanah di Korut

    CNN

IDINDO.com - Kehidupan rakyat Korea Utara jarang terekam sorot kamera. Hanya pemimpinnya, Kim Jong Un yang kerap terlihat dalam foto-foto yang dirilis kantor berita setempat.

Namun, sejak negara ini mulai sedikit terbuka kepada turis asing untuk berwisata, beberapa foto mulai menyebar dan memperlihatkan suasana di dalam Korea Utara.


Mungkin hanya sedikit turis yang masuk ke Korea Utara setiap tahunnya. Kunjungan turis juga hanya diizinkan melalui kelompok tur wisata tertentu.

Perjalanan sangat direncanakan oleh pemandu wisata. Ada area yang benar-benar sangat terlarang. Kehidupan sehari-hari di Kora Utara juga sering disembunyikan dari pihak luar.

Dilansir dari CNN, Jumat (17/11/2017), seorang fotografer berusia 25 tahun, Elaine Li, berkunjung ke ibu kota Korut, Pyongyang, untuk pertama kalinya pada Oktober lalu.
Dia terkejut karena melihat sesuatu yang familiar dan dekat baginya. Sebuah jalur kereta api bawah tanah, Pyongyang Metro, terbangun di kedalaman tanah 100 meter.
Pyongyang Metro menjadi salah satu sistem commuter terdalam di dunia, sekaligus menjadi yang misterius.

Lahir dan besar di Hongkong, Li sangat tak asing dengan kehidupan perkotaan. Perjalanannya menggunakan kereta bawah tanah di Korut mirip dengan kesehariannya di rumah.

"Satu hal yang menjadi perhatian saya adalah stasiun yang dengan cahaya samar-samar, interiornya mewah," katanya.
"Anda bisa melihat lampu hiasan gantung di langit-langit, tiang-tiang marmer, dan lukisan Kim Jong II," tambahnya.

Berikutnya, Li melihat papan surat kabar yang dipajang di peron. Beberapa orang berdiri dan membacanya.

Dia mengaku tidak mendapat izin untuk mengambil foto kereta atau stasiun. Namun, ketika berada di peron, pemandu wisata memperbolehkan turis untuk menjelajahai tempat itu.

Dalam perjalanan wisata, turis hanya berhenti di beberapa stasiun. Turis tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar dari dalam terowongan.

Sumber : CNN

SHARE THIS

Author:

0 komentar: