18/10/2017

Survei LJSI: Nurdin Halid Unggul Dikarakter Pemimpin, Rivai Ras Menang di Top of Mind

          Fri Herlina Direktur LJSI

IDINDO.com - Jelang pemilihan kepala daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) atmosfernya mulai terasa. Siapakah figur yang akan mengantikan Gubernur Yasin Limpo 5 tahun ke depan?

Dalam survei dan jajak pendapat yang dilakukan Lembaga Jaringan Survei Indonesia (LJSI) meliputi; Sikap, Pandangan dan Penilaian terhadap tokoh yang berpotensi maju dalam ajang pilkada seperti, Nurdin Abdulah, (Bupati Bantaeng), Nurdin Halid (Pengurus DPP Golkar), Ichsan Yasin Limpo (Adik kandung gubernur), Agus Arifin Nu'mang (Wakil Gubernur), Rudi Masse (Bupati Sidrap), Akbar Faisal (Anggota DPR-RI), La Tinro La Tunrung (Mantan Bupati Enkekang), dan Abdul Rivai Ras (Pendiri Unhan).

Herlina selaku Direktur Eksekutif LJSI menjelaskan di Kantornya Senin (16/10/2017), penelitian dilakukan terutama menguji penilaian masyarakat terhadap para tokoh meliputi: 1) Tingkat Popularitas 2) Akseptabilitas 3) Kompetensi 4) Kepemimpinan 5) Elektabilitas.

Penelitian menggunakan cara survei opini publik digelar tanggal 3 - 13 Oktober 2017 dengan jumlah responden 1327 warga Sulsel yang tersebar di 22 Kabupaten dan 3 Kota Madya.

Selanjutnya, responden menjadi informan dan sumber untuk informasi dalam survei. Survei ini menggunakan metodologi kualitatif dengan Wawancara langsung untuk menggali informasi dan kunatitatif dalam menggunakan tabulasi kuisioner.

Sedangkan penarikan jumlah responden dengan teknik sampling atau acak dengan metode multistage random sampling pada popylasi jumlah DPT di Sulsel. Untuk tingkat kepercayaan 95% pada margin error kurang lebih 2,7 persen.

Sementara hasil di lapangan menunjukan publik puas dengan kinerja gubernur Yasin Limpo yakni mencapai 66,7% begitu pula dengan Wagub Agus Arifin Nu'mang 69,3%. Secara kuantitatif , angka kepuasan Gubernur Sulsel cukup tinggi lantaran berada di atas 50 persen. Begitu pun dengan Wagub Agus.

Untuk sifat dan kriteria yang disukai responden untuk 5 tahun ke depan? jawaban responden ; Jujur (21,36%), Terbukti Kinerjanya (20,37%), Merakyat (16,85%), dan Berpengalaman (10,36%) adalah sifat yang diharapkan memimpin Sulsel.

Selanjutnya muncul sejumlah nama diantaranya, Nurdin Halid (59,3), Ichsan Yasin Limpo (58,4%), Agus Arifin Nu'amang (59,3%), Rivai Ras (51,2%), Rudi Masse (51,7%), Akbar Faisal (51,6), Nurdin Abdulah (51,1%), La Tinro Latunrung (47,3%).

Untuk pertanyaan terbuka (top of mind), jika Pilkada Sukses dilakukan saat ini muncul nama, Rivai Ras (10,7%) disusul Arifin Agus Nu'mang (8,4%), Nurdin Abdulah (7,3%), Akbar Faisal (7,2%), Rudi Masse (6,9 persen).

Menurut Herlina, nama Rivai, Agus Arifin, Nurdin Abdulah dan Rudi Messe merypaka kandidat potensial untuk menjadi Gubernur Sulsel.

"Untuk yang belum menentukan pilihannya sekitar 25,4 persen, Secara statistik perolehan elektabiltas 4 kandidat tersebut selisih tipis satu sama lain dengan kandidat di bawahnya (masih dalam tentang margin of error. Ini berarti belum ada kandidat kuat berpotensi menyenangkan Pilkada Sulsel," tuturnya.





SHARE THIS

Author:

0 komentar: