01/10/2017

Karyono Wibowo: Bebasnya Setya Novanto Tidak Membuat Citra Golkar Pulih

   Ist

IDINDO.com - Sungguh sakti Ketua Partai Golkar (PG) Setya Novanto, saat Hakim Cepi Iskandar mengabulkan sebagian gugatannya terkait mega korupsi KTP Elektronik dalam sidang pra peradilan. Paling tidak, sudah bisa ditebak. Berita sakitnya Ketua Umum DPP Golkar yang menjadi viral di dunia maya memberi sinyal bahwa dia akan bebas dari status sebagai tersangka.

Hal tersebut diungkapkan peneliti senior, Indonesia Public Institute(IPI), Karyono Wibowo, Jumat (29/9/2017).

"Sinyal lainnya adalah tertangkapnya sejumlah kepala daerah dari Golkar menimbulkan persepsi publik seolah terjadi barter dengan kasusnya Novanto," tandasn Karyono.

Selain putusan pra peradilan yang mencabut status tersangka Novanto ujarnya, hal ini bisa membuyarkan skenario sejumlah fungsionaris Golkar yang ingin mendongkel posisi Novanto di beringin.

Lanjut kata Karyono, jika posisi sebelum putusan pra peradilan membuat posisi Novanto terancam, kini posisinya bisa berbalik setelah bebas dari status tersangka. Bisa jadi, dia akan memukul balik kelompok yang bermanuver akan menggusurnya dari posisi ketum.

"Dari segi persepsi, bebasnya Novanto tidak sertamerta membuat citra Golkar pulih. Tapi bisa terjadi sebaliknya, bebasnya Setnov bisa membuat citra golkar menurun. Pun demikian, citra lembaga peradilan ikut tercoreng," ujarnya.

"Kasus Novanto ini telah menambah deretan panjang putusan bebasnya sejumlah tersangka korupsi di negeri ini," ucap dia.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: