02/10/2017

Insiden Penembakan Terbesar di Las Vegas, Berikut Daftar Penembakan di AS

     Ist

IDINDO.com - Penembakan brutal di konser dekat Kasino Mandalay Bay, Las Vegas, Amerika Serikat menewaskan setidaknya 50 orang dan melukai sekitar 200 orang lainnya. Insiden ini disebut sebagai penembakan paling mematikan dalam sejarah AS. 

Jumlah korban jiwa dalam insiden ini melampaui insiden penembakan di kelab malam di Orlando pada tahun 2016 lalu, yang menewaskan 49 orang. Berikut deretan penembakan massal mematikan di AS dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/10/2017):

- Kelab malam Florida: 49 orang tewas
Seorang pria bersenjata berat melepas tembakan di dalam sebuah kelab malam gay di kota Orlando pada 12 Juni 2016 dan menewaskan 49 orang. Pelaku tewas dalam baku tembak dengan polisi. Dia telah menyatakan dukungan pada kelompok ISIS, yang kemudian mengklaim bertanggung jawab atas pembantaian itu.

- Virginia Tech: 32 orang tewas
Seorang mahasiswa keturunan Korea menembak membabi-buta di Universitas Virginia Tech di kota Blacksburg pada April 2007. Aksi pemuda berumur 23 tahun tersebut menewaskan 27 mahasiswa dan lima dosen. Pelaku kemudian bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.

- Sandy Hook: 26 orang tewas
Seorang pemuda berumur 20 tahun membunuh ibunya di kota Newtown, Connecticut, pada Desember 2012 sebelum pergi menuju Sekolah Dasar Sandy Hook dan menembak mati 20 anak-anak sekolah berumur enam tahun dan tujuh tahun serta enam orang dewasa. Dia pun kemudian bunuh diri.

- Restoran Texas: 22 orang tewas 
Pada Oktober 1991, seorang pria menembak mati 22 orang di sebuah restoran di kota Killeen. Pria ini pun kemudian tewas bunuh diri.

- Pesta kantor California: 14 orang tewas
Sepasang pengantin baru menyerbu sebuah pesta kantor di pusat dinas sosial di San Bernardino pada Desember 2015 dan menembak mati 14 orang, serta melukai 22 orang lainnya. Pasangan tersebut kemudian tewas ditembak polisi.

- Pangkalan militer Fort Hood: 13 orang tewas
Pada November 2009, seorang psikiater militer AS melepas tembakan di pangkalan militernya di Killeen, dan menewaskan 13 orang serta melukai 42 orang lainnya. Dia kemudian ditangkap polisi.

- Pusat imigran New York: 13 orang tewas 
Seorang imigran Vietnam menembak mati 13 orang di sebuah pusat kemasyarakatan di Binghamton, New York pada April 2009, sebelum membunuh dirinya sendiri.

- Markas Angkatan Laut: 12 orang tewas
Seorang bekas personel militer menembak secara acak pada para pekerja di markas Washington Navy Yard pada September 2013, menewaskan 12 orang. Pelaku kemudian tewas ditembak.

- Gedung bioskop Denver: 12 orang tewas
Seorang pria muda menyerbu sebuah gedung bioskop yang tengah memutar penayangan perdana film Batman di kota Aurop pada Juli 2012. Dia menembaki pengunjung bioskop dan melepas gas air mata. Sebanyak 12 orang tewas dan 70 orang luka-luka. Dia telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

- SMA di Columbine: 12 orang tewas
Dua remaja putra menembak mati 12 teman sekelas mereka dan seorang guru di SMA Columbine di Littleton, Colorado pada April 1999. Keduanya kemudian tewas setelah menembak diri mereka sendiri.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: