12/10/2017

Harapan Besar Kapolri, Kepolisian dan Kejaksaan Satu Kantor


IDINDO.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian berharap Komisi III bisa meminta kesediaan Kejaksaan Agung untuk mau bersama-sama satu atap dengan Polri dalam Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor).

‎Di hadapan rapat Komisi III DPR, Kamis (12/10), Kapolri berharap agar dilakukan proses mempercepat pembentukan Densus Tipikor, khususnya menyangkut Kejaksaan Agung.

Menurut dia, sejauh ini yang paling krusial dari pembentukan Densus Tipikor adalah berkoordinasi dengan penuntut umum dalam hal ini dari Kejaksaan Agung.

"Kami sebetulnya sudah siapkan tempat untuk satu atap dengan eks Polda Metro Jaya. Kalau memang tidak bisa satu atap paling tidak dari Kejaksaan Agung untuk membentuk tim khusus yang melekat sehingga tidak bolak-balik," kata Tito Karnavian.

Kata dia, soal keterlibatan Kejaksaan Agung di Densus Tipikor itu sangat penting. Sebab salah satu kelebihan dari KPK adalah karena penyidik dan penuntut umum bisa berkoordinasi langsung tanpa mengurangi kewenangan Kejaksaan dalam penanganan Tipikor.

Masalahnya, sampai saat ini, Kejaksaan Agung masih menolak untuk jadi satu atap dengan Polri di Densus Tipikor itu. Hal itupun sudah secara terbuka disampaikan Jaksa Agung M.Prasetyo.

"Begitupun nanti pada rapat di hari Senin bersama Kejaksaan dan KPK. Kami mohon bantuan dari Komisi III agar ada kesepakatan antara Polri dan Kejaksaan tentang tim Kejaksaan Agung. Ini yang menjadi persoalan Densus Tipikor," kata Tito.

Sumber : Beritasatu


SHARE THIS

Author:

0 komentar: