19/10/2017

Buwas : Indonesia Diserang Narkoba Jenis Sabu dan Pil Ekstasi asal Cina dan Belanda

    Ist

IDINDO.com - Saat ini Indonesia diserang narkoba jenis sabu dan pil ekstasi asal China dan Belanda. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso Buwas yang datang ke Medan dalam rangka pemusnahan barang bukti narkoba, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, Narkoba tersebut masuk dengan jumlah yang tidak sedikit dan beredar luas di masyarakat.

"Ini sabu dari China, ekstasi dari Amsterdam, Belanda. Sabu ada 191 kilogram, ganja 520 kilogram dari Aceh dan ekstasi 43.450 butir. Kita musnahkan semua," kata mantan Kabareskrim ini.

Lebih lanjut dikatakan Buwas, semua barang bukti yang dimusnahkan adalah pengungkapan operasi gabungan di wilayah Sumatera Utara. Aneka barang bukti tersebut diimpor ke Indonesia melalui jalur laut dan darat serta jasa pengiriman secara ilegal.

"Saat ini, produksi ganja terbesar dari Aceh, namun sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia lainnya termasuk Papua, Sumatera Utara, Sulawesi, Jakarta dan Bogor.
Kita semua peduli terhadap permasalahan narkotika karena mengancam generasi bangsa. Tempat hiburan menjadi lokasi strategis peredaran narkoba di Indonesia. Untuk itu, peran pemerintah daerah bekerja sama dengan BNN memberantasnya," tegasnya. 

Diakuinya, kalau komitmen pemberantasan dan perang terhadap narkoba tidak dilaksanakan pemerintah daerah, aparatur negara di daerah dan masyarakat, maka narkoba akan berkembang bebas. Penyalahgunaannya semakin masif.

Kehadiran Buwas juga di Sumut tak lain untuk melantik satuan tugas pemberantasan pencegahan dan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika di wilayah Sumatera Utara. Satgas ini melibatkan wali kota Medan, Binjai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, bupati Karo dan Tapanuli Selatan.

"Seluruh kepala daerah ini berkomitmen dan siap membantu BNN melakukan pencegahan, sosialiasi hingga penindakan narkoba di wilayahnya," ujar dia.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: