28/09/2017

Jelang Jatuh Tempo, Realisasi PBB Manado 58,26 Persen

    Ist

IDINDO.com,  – Batas waktu pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan jatuh tempo pada tanggal 30 September 2017.   Untuk itu, pihak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Manado menghimbau para Wajib Pajak (WP) untuk segera melunasi PBB di loket-loket pembayaran yang tersedia, termasuk di kantor pusat, kantor cabang pembantu, dan kantor kas PT Bank Sulawesi Utara-Gorontalo (SulutGo) yang ada di Manado.

“Jika melewati batas waktu, dikenakan denda 2 persen,” kata Kepala BPPRD Kota Manado, Harke Tulenan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi, Recky Pesik.

Ia memaparkan, hingga 22 September 2017, sudah mencapai Rp 16,7 atau sekitar 58,26 persen dari target yang ditetapkan sebesar 28.7 miliar.  “Realisasi mulai naik signifikan.  Wajib pajak mulai berbondong-bondong membayar PBB di loket-loket yang tersedia,” tukasnya.

Menurut Harke, awalnya, target ditetapkan Rp 32 miliar.  “Namun, karena banyak objek pajak yang tidak jelas lagi dan berpotensi tidak akan masuk, maka targetnya diturunkan.  Kami ingin yang realistis di lapangan,” jelas dia.

Ditambahkannya, WP harus melunasi PBB sebelum jatuh tempo akhir September, agar terhindar dari sanksi denda.   “Kami sudah menurunkan petugas melakukan sosialisasi sekaligus memantau di lapangan. Manfaatkan loket-loket di PT Bank Sulut atau langsung ke loket BPPRD Kota Manado,” tambah Pesik.

Sementara itu, baik Camat maupun Lurah dan Kepala Lingkungan, juga gencar mendorong warga untuk segera melunasi PBB.   Sebab, manfaatnya untuk pembangunan Kota Manado.

“PBB wajib dilunasi oleh semua warga, agar pembangunan berjalan lancar.  Kami sudah sebarkan SPPT kepada seluruh wajib pajak melalui kepala lingkungan,” kata Anwar Halidu, selaku Lurah Malendeng.

Namun, sejumlah warga mengaku, belum terima SPPT dari petugas atau kepala lingkungan.   “Bagaimana kami mau bayar, kalau kami belum mendapat surat penetapan pajak,” kata Recky Pedah, warga Malendeng.

Meski demikian, pantauan wartawan, loket pembayaran PBB di BPPRD Kota Manado makin ramai.   Begitu juga dengan loket loket khusus di PT Bank SulutGo (BSG).

 “Pembayar PBB makin ramai di loket-loket kami,” kata Kepala Cabang BSG, Jhon Walukouw.   (Revly/meldi)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: