23/09/2017

BI Perkirakan Perekonomian pada Kwartal III Membaik

   Ist

IDINDO.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian Indonesia pada kuartal III 2017 makin membaik. Perbaikan ini terjadi terutama pada beberapa sektor.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menyatakan, perbaikan permintaan domestik terutama pada konsumsi rumah tangga mulai terlihat. Hal ini terutama pada membaiknya penjualan ritel dan penjualan barang-barang tahan lama.

"Investasi bangunan diperkirakan tetap tumbuh baik sejalan dengan belanja pemerintah," kata Dody dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Adapun investasi nonbangunan terutama pada industri berbasis ekspor komoditas juga akan membaik. Hal ini, imbuh Dody, sejalan dengan tetap tingginya harga komoditas dunia.

Di sisi sektoral, meskipun masih lemah, perbaikan mulai terlihat pada sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran. Sektor Industri Pengolahan juga diperkirakan mulai membaik terutama di sektor-sektor yang terkait dengan kegiatan ekspor, seperti alat angkut serta kimia dan farmasi.

"Pertumbuhan ekonomi ke depan akan semakin membaik sejalan dengan pengeluaran Pemerintah yang meningkat dan pelonggaran kebijakan moneter Bank Indonesia," jelas Dody.

Dody menyebut, bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2017 akan berkisar antara 5,1 sampai 5,2 persen. Adapun secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi tahun 2017 diperkirakan masih dalam kisaran 5 sampai 5,4 persen.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan pula akan meningkat menjadi 5,1 sampai 5,5 persen pada tahun 2018.

Sumber : Kompas.com


SHARE THIS

Author:

0 komentar: