31/08/2017

Demi Amal, Pemilik Facebook Ini Berjanji Lepas 99 Persen Saham Miliknya

    Ist

IDINDO.com - Putri kedua pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah lahir diberi nama August. Saat dulu anak pertamanya lahir, Zuck dan istrinya pernah bikin kehebohan.

Kala itu, tepatnya pada awal Desember 2015, berjanji melepas 99% saham miliknya di Facebook demi kepentingan amal. Pelepasan saham akan dilakukan bertahap sepanjang masa hidupnya.

Pasangan Mark-Priscillia ini mengikuti jejak yang telah dilakukan Bill Gates bersama istrinya Melinda dengan membuat sebuah yayasan. Oleh Mark, yayasan ini diberi nama Chan Zuckerberg Initiative.

Inisatif Zuck dan Priscilla aktif di kemanusiaan sejak usia sangat muda pun diapresiasi banyak kalangan. Biasanya miliuner baru banyak menyumbang setelah beranjak tua. "Dengan memulai dari usia muda, kami berharap bisa melihat manfaatnya selama masih hidup," kata Zuck.

Zuckerberg menyatakan untuk tiga tahun pertama, dia akan menginvestasikan USD 1 miliar per tahun dari sahamnya ke yayasan, yang bisa dijual dalam bentuk uang. Belum jelas organisasi apa saja yang akan dikucuri dana, namun fokusnya dalam hal penyembuhan penyakit, inovasi pendidikan dan memperluas koneksi internet.

Yayasan itu saat ini sudah berdiri. Dan Zuck sejauh ini menepati janjinya, ia sudah beberapa kali menjual saham yang hasilnya disumbangkan ke yayasannya itu.

Namun tidak semua melayangkan pujian pada Zuck, ada yang menudingnya munafik. Itu karena Facebook, seperti banyak perusahaan teknologi lain, dinilai sering menghindari pajak yang pantas. Selain itu, ditengarai yayasannya tak sepenuhnya untuk amal.

Chan Zuckerberg Initiative adalah sebuah limited liability company. Artinya, tidak seperti yayasan amal tradisional, Chan Zuckerberg Initiative bisa melakukan donasi politik, berinvestasi di bisnis dan juga mendapat untung dari investasi itu.

"Mereka bertindak bukan seperti filantropi tradisional. Mereka mencoba mencapai tujuan filantropi dengan menggunakan sebuah model bisnis," sebut Leslie Lenkowsky, profesor filantropi di Indiana University.

Tapi apapun alasan Zuck, banyak yang memujinya. "Orang orang kaya yang 1% ini mungkin berkontribusi lebih banyak untuk membuat dunia lebih baik dibanding 99% sisanya," kata pakar finansial, Foster Friess.

Sejak mengumumkan inisiatif amal itu, kekayaan Zuckerberg terus menumpuk karena naiknya harga saham Facebook. Forbes mengestimasi harta terakhir Zuck berada di kisaran USD 70,1 miliar. 


Sumber : Detik.com

SHARE THIS

Author:

0 komentar: