01/08/2017

Anda TKI? Segera Daftar BPJSTK untuk Perlindungan Resiko Kerja

Kepala BPJSTK cabang Manado Asri Basir saat memberikan keterangan pers.

IDINDO, MANADO - Per 1 Agustus 2017, BPJS Ketenagakerjaan resmi menangani persoalan perlindungan bagi TKI, yang sebelumnya ditangani konsorsium.
Kepala BPJS cabang Manado Asri Basir mengatakan, transformasi ini sejalan dengan Permenaker nomor 7 tahun 2017. Dimana para TKI, bisa mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja melalui program jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK) dan jaminan hari tua (JHT). "Tujuan utama kita tentu untuk memberikan perlindungan bagi TKI," ujarnya.
Meski begitu kata dia, untuk wilayah Sulut sendiri jumlah TKI yang terdaftar resmi jumlahnya tidak besar, hanya sekira ratusan pekerja. Sehingga diharapkan, baik yang masih pra maupun pasca penempatan TKI, bisa mendaftarkan dirinya untuk kepesertaan BPJSTK. "Sudah ada tiga yang mendaftar di hari pertama. Kita harap jumlahnya terus bertambah. Karena hal ini penting untuk kesejahteraan TKI juga," jelasnya.
Adapun untuk nilai resiko bagi TKI yang mengalami kecelakaan kerja tak terbatas, berdasarkan indokasi medis. Santunan bagi TKI yang meninggal dunia sebesar Rp85 juta, serta resiko cacat total bisa mencapai Rp100 jutaan. "Untuk iurannya pun sangat terjangkau Rp37 ribu per bulan," tandasnya.
Tunggu apalagi, bila Anda seorang TKI, baru mau menjadi TKI ataupun memiliki kenalan dan saudara seorang TKI. Baiknya sebarkan informasi dan langsung daftarkan diri menjadi peserta BPJSTK untuk perlindungan dan kesejahteraan.(*)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: