25/08/2017

Irjen Agung Budi Maryoto Gantikan Kapolda Jabar

  IST

IDINDO.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian melakukan rotasi jabatan sejumlah perwira tinggi. Beberapa nama tenar masuk dalam daftar mutasi kali ini, antara lain Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto dan Brigadir Jenderal Teddy Minahasa.

Mutasi ini dilakukan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/892/VIII/2017 yang diedarkan lewat surat telegram nomor ST/2032/VIII/2017 yang salinannya diberikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul kepada wartawan, Jumat (25/8).


Agung merupakan sosok yang saat ini tengh menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan. 

Sebelumnya, lulusan Akademi Kepolisian 1987 ini juga pernah menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan (2015) dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri (2016).

Sedangkan, Teddy adalah sosok yang saat ini menjabat sebagai Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) dengan penugasan sebagai Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebelumnya, alumnus Akpol 1993 ini pernah menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (2010) dan Kapolresta Malang (2011).


Jabatan Kapolda Sumatera Selatan yang ditinggalkan Agung akan diisi oleh Irjen Zulkarnain yang sebelumnya merupakan Kapolda Riau. Selanjutnya Agung akan mengisi Posisi Kapolda Jawa Barat. Dan yang ditinggalkan Zulkarnain diisi oleh Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Nandang. 

Kemudian, Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengaman Polri Brigjen Baharuddin Djafar diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Barat.

Tito juga memutasi Kapolda Lampung, Brigjen Sudjarno sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Satuan Bhayangkara (Sabhara) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri. Posisi yang ditinggalkan Sudjarno diisi oleh Irjen Suroso Hadi Siswoyo yang sebelumnya menjabat sebagai Pati di Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri.

Selain empat Kapolda, Tito juga memutasi Staf Ahli Manajemen (Sahlijemen) Kapolri, Irjen Yovianes Mahar sebagai Pati Staf Ahli dalam rangka pensiun. Posisi Staf Ahli Manajemen diisi oleh Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Asep Suhendar. Jabatan Wakapolda Sumatera Selatan akan ditempati oleh Brigjen Bimo Anggoro.


Lebih lanjut, Wakapolda Lampung Brigjen Bonifasius Tampoi mendapat jabatan baru sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Posisi yang ditinggalkan Bonifasius diisi oleh Kombes Angesta Romano Yoyol.

Tito juga memutasi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana ke jabatan Pati di Baintelkam Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, mutasi ini merupakan kegiatan pembinaan karir yang biasa.

"Ini penyegaran bagi suatu jabatan dan promosi bagi perwira," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (25/8/2017).



Sumber : CNNIndonesia


SHARE THIS

Author:

0 komentar: