04/07/2017

Survei UIN SGD Bandung : Popularitas Ridwan Kamil Turun

     Ist

IDINDO.com - Popularitas dan elektabilitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai bakal calon kuat di Pilgub Jabar 2018 mulai tergerus oleh sejumlah kandidat lainnya berdasarkan survei Tim Peneliti Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung. 

Sejumlah kandidat yang disebut-sebut akan meramaikan Pilgub Jabar yaitu Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Anggota DPR RI Dede Yusuf dan Sekda Jabar Iwa Karniwa.

Survei terbaru yang dirilis Tim Peneliti PPs UIN SGD Bandung menyebut terjadi perubahan tingkat popularitas dan elektabilitas dari sejumlah kandidat. Direktur Program Pascasarjana UIN SGD Bandung Agus Salim Mansyur menuturkan survei kedua ini berlangsung 22 Mei-4 Juni 2017. 

Berdasarkan survei itu terdapat lima bakal calon dengan tingkat popularitas dan elektabilitas memadai untuk maju pada Pilgub Jabar 2018 mendatang. "Mereka adalah Deddy Mizwar, Ridwan Kamil, Dede Yusuf, Iwa Karniwa dan Dedi Mulyadi. Tingkat popularitas mereka mengalami fluktuasi bila dilihat dari hasil survei pertama pada 20 Maret-1 April 2017," kata Agus melalui rilis yang diterima detikcom, Selasa (4/7/2017).

Kajian tim peneliti memadukan pendekatan kuantitatif melalui survei 1 dan Survei 2 serta pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Dia menjelaskan, mengacu responden sebanyak 5.000 warga Jabar yang sudah memiliki hak pilih, tercatat tingkat popularitas Ridwan Kamil turun dari 24,28 persen pada survei sebelumnya menjadi 18,49 persen. Deddy Mizwar mengalami peningkatan dari 18,65 persen jadi 19,71 persen. 

"Ketiga bakal calon juga mengalami pergeseran, Dede Yusuf meningkat 15,68 persen menjadi 17,41 persen, Iwa Karniwa juga meningkat dari 8,99 persen menjadi 13,88 persen dan Dedi Mulyadi dari 10,70 persen menjadi 11,60 persen," katanya. 

Agus mengungkapkan, meski tingkat elektabilitas Ridwan Kamil masih di atas kandidat bakal calon lainnya, sisi prosentasenya mengalami penurunan. Pada survei pertama, tingkat elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 55,11 persen turun menjadi 40,40 persen. 

Untuk Deddy Mizwar dari hasil survei kedua ini mengalami peningkatan yaitu dari 16,30 persen jadi 22,38 persen. Dede Yusuf 12,57 persen dari 11,68 persen, Iwa Karniwa dari 2,55 persen atau meningkat cukup signifikan menjadi 10,44 persen, Dedi Mulyadi dari 6,17 persen jadi 10,08 persen. 

Turunnya popularitas dan elektabilitas Ridwan Kami, menurut tim peneliti survei ini, disebabkan beberapa faktor. Salah satunya responden terpengaruh oleh pemberitaan dan informasi terkait Partai NasDem sebagai pengusung orang nomor satu di Pemkot Bandung ini. 

Untuk popularitas, sambung Agus, sebetulnya tidak mengalami penurunan yang signifikan. Hanya saja popularitas empat bakal calon lainnya mengalami peningkatan. Terutama Deddy Mizwar, Iwa Karniwa dan Dedi Mulyadi. 

"Mereka sudah mulai melakukan sosialisasi dalam berbagai bentuk, baik bertatap muka langsung maupun menggunakan media luar ruang seperti spanduk dan poster," kata Agus

Sumber : Detik.com

SHARE THIS

Author:

0 komentar: