25/07/2017

Bupati Yasti Soepredjo Ditetapkan Sebagai Tersangka dalam Kasus PT Conch

     Ist

IDINDO.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo sebagai tersangka dalam kasus pengrusakan PT Conch. 

Menurut Kabid Humas Polda Kombes Pol Ibrahim Tompo ini telah memenuhi seluruh prosedur pemeriksaan kepada kepala daerah yang terjerat kasus hukum.
 
Lanjut kata Tompo, semua prosedur terkait pemeriksaan kepala daerah akan kami laksanakan, uKabid Humas Polda STompo di ruang kerjanya, Selasa (25/7/2017).
 
Menurut perwira asal Makassar ini, prosedur pemeriksaan kepala daerah yang tersangkut kasus hukum, diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
 
Pada Pasal 90 ayat (1) disebutkan 'Tindakan penyidikan yang dilanjutkan dengan penahanan terhadap gubernur dan/atau wakil gubernur memerlukan persetujuan tertulis dari Presiden dan terhadap bupati dan/atau wakil bupati atau wali kota
dan/atau wakil wali kota memerlukan persetujuan tertulis dari Menteri'.
 
Selanjutnya pada ayat (2) dikatakan, 'Dalam hal persetujuan tertulis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak diberikan, dalam waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak diterimanya permohonan, dapat dilakukan proses penyidikan yang dilanjutkan dengan penahanan.
 
Kendati Yasti telah ditetapkan sebagai tersangka namun Polda Sulut belum melakukan penahanan.
Seperti diketahui, pengrusakan di lingkungan pabrik PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC) di Jalan trans Sulawesi, Lolak, dilakukan beberapa oknum aparat Sat-Pol PP Kabupaten Bolmong, Senin (5/6/2017).
 
Akibatnya, pihak perusahaan mengalami kerugian materil yaitu kerusakan bangunan sebanyak 11 unit, 240 buah kaca jendela dan 100 daun pintu rusak. Polda Sulut yang menangani laporan pengrusakan tersebut akhirnya menetapkan 27 anggota Satpol PP Kabupaten Bolmong sebagai tersangka.
 

SHARE THIS

Author:

0 komentar: