21/06/2017

Trump Sebut Tembok di Perbatasan Mexico akan di Pasang Panel Surya


IDINDO.com - Presiden Amerika Serikat (AS) 
punya ide baru dalam membangun tembok di perbatasan Meksiko setelah tak dapat anggaran untuk proyek tersebut.

Tembok tersebut akan dibangun dan dipasang panel surya. Nantinya, energi matahari yang diserap diubah menjadi listrik yang bisa dijual.

Nah, hasil penjualan listrik ini yang akan dipakai untuk mendanai pembangunan tembok tersebut.

"Ya, kita tetap akan bangun tembok. Kita harus menghentikan aliran narkoba masuk (ke AS)," kata Trump di depan warga Cedar Rapids, Iowa, seperti dikutip AFP, Kamis (22/6/2017).

"Saya akan sampaikan ide yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Perbatasan bagian selatan itu, banyak sinar matahari, sangat panas. Kami pikir untuk membangun tembok yang bisa menyerap sinar matahari. Jadi tembok itu menghasilkan energi, dan bisa membayar ongkosnya sendiri," kata Trump.

"Dengan cara ini, pihak Meksiko tidak perlu membayar terlalu banyak, dan itu bagus kan?" Kata Trump.

Trump awalnya meminta Meksiko yang membiayai tembok tersebut. Namun akhirnya Trump bersedia membiayai sebagian biaya pembangunan tembok, tapi hal itu tidak disetujui Kongres AS.

"Coba bayangkan, semakin tinggi temboknya, semakin banyak menghasilkan uang. Imajinasi yang cukup hebat kan?" Ujar Trump.

Pemerintah AS sudah menawarkan proyek tembok ini ke publik. Hasilnya berbagai proposal pun masuk, salah satunya dari pebisnis Las Vegas bernama Tom Gleason.

Dalam proposalnya, Gleason mencantumkan rencana menempelkan panel surya di tembok raksasa tersebut. Setelah pendaaan ditolak bulan lalu, Trump akan kembali mengusulkan anggaran tembok Oktober mendatang.

Berbagai sumber

SHARE THIS

Author:

0 komentar: