22/06/2017

Pansus Hak Angket DPR Bakal Panggil BPK, Ahli Hukum Serta Kepolisian

    

IDINDO.com - Terkait Pemanggilan terhadap mantan Anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani, Pansus DPR akan mengundang sejumlah ahli untuk mendalami persoalan yang lebih luas yakni soal tata kelola KPK.

Lembaga yang bakal dipanggil yakni, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPK dihadirkan untuk mendalami soal tata kelola anggaran KPK.

Selain memanggil KPK, para ahli hukum tata negara dan ahli hukum pidana juga dijadwalkan akan mengadakan rapat dengan Pansus. Baik mereka yang memiliki kesamaan pandangan maupun yang selama ini mengkritik hak angket KPK.

Salah satu anggota Pansus Hak Angket KPK Asrul Sani Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (22/6/2017), mengatakan, mereka akan mempertimbangkan mengundang mereka juga supaya ada proses dialog, diskusi dengan para akademisi yang kebetulan secara pandangan hukum berbeda dengan Pansus. 

Selain itu tandas politisi PPP tersebut, rapat dengan tim dari Kepolisian yang diketuai Wakapolri Komjen Pol Sjafruddin juga dijadwalkan dalam waktu dekat.

Rapat tersebut akan mempelajari mengenai beberapa hal dalam penegakan hukum, salah satunya terkait kemungkinan memanggil paksa terhadap Miryam jika tidak memenuhi tiga kali panggilan.

"Kami internal menyiapkan diri terutama pansus berlatar belakang hukum seperti Dossy, John Aziz, saya, mempelajari semua peraturan yang terkait pemanggilan paksa atau paksa badan," ujarnya. 

Adapun mengenai wacana mengundang mantan-mantan terpidana KPK menurutnya masih menjadi perdebatan dalam pansus. Namun, hak asasi seseorang tak hilang meski secara hukum berstatus terpidana.

Disatu sisi Asrul mengatakan, hak asasi tidak hilang untuk didengar, untuk bicara. Bahwa yang dia sampaikan itu katakanlah punya nilai kebenaran atau tidak punya nilai kebenaran nanti akan dilihat.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: