25/06/2017

Arus Mudik 2017 Berjalan Lancar, Menhub Tuai Pujian


IDINDO.com - Pelaksanaan arus mudik tahun 2017 berjalan lancar, kinerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mendapat apresiasi.
Tahun ini arus mudik tidak ada lagi kemacetan parah yang terjadi seperti tahun sebelumnya.
Pengamat Transportasi Sugiyanto menilai jika tahun ini mengalami perubahan drastis soal arus mudik lebaran.
"Tentu ini harus diapresiasi. Penanganan seperti ini yang harus dipertahankan" ujar Sugiyanto dalam pernyataannya, Minggu (25/6/2017).
SGY biasa disapa menilai kinerja Menhub seperti ini yang perlu diacungi jempol, arena adanya perubahaan drastis.
"Menhub harus diberikan rapor positif. Dan layak dipertahankan," ujarnya.
Acungan jempol juga dilontarkan oleh sejumlah warga yang melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini.
Salah satunya Soni Irawan yang mengaku perjalanan kali ini jauh berbeda dengan lebaran kemarin.
"Aku pulang ke Malang jauh lebih cepat di banding tahun kemarin. Kalau kemarin hampir 24 jam sekarang hanya 18 jam" ujar Soni saat dihubungi.Meski ada kemacetan tapi tidak separah tahun kemarin.
Mungkin kata Soni ini atas kesigapan Menteri Perhubungan dan Polisi.
"Ini atas kesigapan aparatur negara seperti polisi dan menhub yang bekerja untuk meminimalisir kemacetan parah," ujarnya.
Sebelumnya Sumadi mengatakan pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya.
Perubahan yang cukup signifikan dilakukan di sektor udara.
"Alhamdulillah, pelaksanaan tahun ini lebih baik dari sebelumnya karena kami totalitas. Hal pertama kali kami lakukan memang berkoordinasi dan melibatkan semua stakeholder untuk bekerja maksimal di sektor masing-masing," ujar Menhub Budi.
Menurutnya, baik kepolisian maupun Kementerian PUPR telah melakukan kontrol menyeluruh terhadap jembatan maupun jalan-jalan yang ada sebagai dasar landasan rencana arus mudik Lebaran.
"Beberapa tempat yang signifikan memang kami lakukan pola untuk memastikan keamanan atau safety. Safety itu kami lakukan dengan ramp check semua tempat, di udara, di laut, di kereta api, dan di darat," jelasnya.
Khusus untuk udara, Budi mengaku telah melakukan ramp check terhadap lebih dari 400 pesawat yang akan melayani penerbangan di arus mudik Lebaran.
"Kami sudah periksa sejak dua bulan lalu. Alhamdulillah sekarang praktis sudah tidak ada hal-hal yang kita lihat bermasalah dan di udara saya gembira pertumbuhannya sesuai dengan rencana kami, yaitu 9 persen, bahkan mungkin lebih," sambungnya.
Adapun jalur laut, menurutnya, relatif berjalan lancar meski sempat beredar isu kelebihan penumpang, namun pemudik tetap terlayani.

Sumber : tribunnews.com



SHARE THIS

Author:

0 komentar: