16/05/2017

Cegah Minahasa Raya Merdeka, Kapolri akan Lakukan Langkah Persuasif

     Foto : Ist

IDINDO.com - Baru-baru ini sejumlah organisasi adat Minahasa mendeklarasikan gerakan Minahasa Raya merdeka. Tentu saja berita ini langsung menjadi viral dan trending topic bahkan hampir sebagian media lokal dan nasional memberitakannya.

Menyikapi hal itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan akan melakukan pencegahan deklarasi gerakan Minahasa Merdeka tersebut. Deklarasi tersebut kata Tito akan mengancam keutuhan NKRI.

"Nggak boleh. Deklarasi nggak boleh. Kita akan lakukan tindakan persuasif dulu kepada saudara-saudara di sana bahwa kita sudah NKRI. Ini kan negara NKRI, harus kita pertahankan," ucap Tito di aula Asrama Haji, Jl WR Supratman, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (15/5/2017).

Mantan Kapolda DKI Jakarta ini menyebut mereka akan melakukan pendekatan persuasif terhadap warga Minahasa. Dirinya menganggap deklarasi merdeka warga Minahasa hanya spontanitas.

"Kita lakukan langkah-langkah persuasif kepada saudara-saudara kita untuk mengimbau. Mungkin mereka hanya reaksi spontan saja, emosional. Makanya kita harus sama-sama jaga keutuhan negara kita, konflik tidak boleh terjadi," kata dia.

Ditambahkan jendral bintang empat inj, para pendiri bangsa sudah mewariskan NKRI kepada generasi penerus. Karena itu, persatuan harus terus dijaga.

Sementara Tito mengimbau masalah primordialisme kesukuan, keagamaan, kekerasan tidak perlu dipermasalahkan lagi. "Karena para pemimpin pendiri bangsa kita dari 1928-1945 sudah menepikan, meminggirkan, perbedaan itu jadi bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Bangsa yang terdiri atas berbagai suku dan bangsa," tegas pria asal Palembang ini.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: