28/04/2017

Gubernur BI Optimis Ekonomi Asia Sehat

     Foto : Ist

IDINDO.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo optimistis perekonomian negara-negara Asia akan mampu bertahan di tengah ketidakpastian global. Hal tersebut dikatakannya dalam seminar internasional Global Economic Outlook in Asean Perspective di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (28/4/2017). 
Isu proteksionisme yang banyak dilakukan negara barat menurut dia, bisa memberikan sentimen negatif pada perekonomian global, tetapi hal ini tidak akan mempengaruhi kemampuan perekonomian negara Asia
"Asia merupakan area yang memiliki tanggung jawab besar dan siap menjadi pemain global yang tangguh dalam perekonomian, di tengah berbagai ketidakpastian global," tegasnya.
Dia meyakini perekonomian Asia mampu berkembang baik karena pernah memiliki pengalaman buruk saat krisis ekonomi global. Banyak negara Asia yang belajar pengalaman ketidakpastian tersebut saat berada di titik terendah.

Selanjutnya kata dia Ekonomi Asia rebound dengan perbaikan struktur ekonomi, kawasan Asia cepat belajar dari pengalaman tidak menguntungkan. Asia berusaha kembali memperoleh keyakinan global. "Sekarang kawasan Asia telah bangkit dengan pertumbuhan yang sehat dan sektor keuangan stabil," terang dia.
Selain itu kata Agus, dua dekade lalu Asia dihantam krisis finansial yang cukup parah. Negara-negara seperti Indonesia, Thailand dan Korea mengalami efek terburuk. Hal ini bahkan berimbas pada demonstrasi besar-besaran di beberapa negara.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: