21/03/2017

Daniel Mewengkang Optimis Wisatawan Asing Tahun 2017 Meningkat


IDINDO.com - Kedatangan turis asing di Sulawesi Utara tahun ini terus mengalami kenaikan hampir 100 persen dibandingankan tahun-tahun sebelumnya. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Utara (Sulut) Daniel Mewengkan optimis jumlah kunjungan wisatawan ke Sulut khususnya Belanda akan naik Menurut data. Ternyata pengeluaran turis Belanda lebih tinggi ketimbang turis dari Amerika.
Data yang keluarakan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015 menyebutkan, pengeluran rata-rata turis Belanda per hari mencapai US$1.593,75. Sedangkan pengeluaran turis Amerika Serikat mencapai US$ 1.619,79. Adapun pengeluran turis asal Cina sebesar US$ 1.059,27.

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah pengeluaran turis asal Belanda dan Amerika Serikat lebih tinggi dibandingkan Cina, yang saat ini mendominasi kunjungan turis asing ke Sulawesi Utara. 

Berdasarkan hasil ini, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berencana road show ke dua negara tersebut yakni Belanda dan Amerika Serikat guna menggenjot kunjungan wisata di Sulut. Lebih lanjut kata Mewengkang, ajang promosi di Belanda bakal digelar di Amsterdam pada 23-25 Maret 2017.

"Itu program Duta Wisata Sulut. Mereka ada di Jakarta, di Amsterdam, di Amerika promosinya [pariwisata] Sulut," kata Daniel.
Sementara sejumlah pemimpin kepala daerah akan hadir dalam road show ke Belanda diantaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Walikota Manado, Wali Kota Bitung, Bupati Minahasa, Bupati Minahasa Selatan, Bupati Kepulauan Talaud, dan Bupati Kepulauan Sitaro.

Lanjut tutur Daniel, road show serupa juga bakal digelar di Amerika Serikat pada Agustus 2017 mendatang. Muhibah promosi ke Belanda dan Amerika Serikat diharapkan bisa menarik turis asing berwisata ke Sulawesi Utara.

Sepanjang tahun 2016, jumlah kunjungan turis asing ke Bumi Nyiur Melambi mencapai 48.288 orang. Adapun, jumlah kunjungan turis asing per Januari 2017 mencapai 7.674 orang atau naik 12 kali lipat secara tahunan.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: