14/02/2017

Manorek :14 Februari Kita kobarkan Semangat Persatuan dan Cinta Tanah Air

MANADO, IDINDO.com - Peringatan peristiwa Merah - Putih tepatnya 14 Febuari 1946 - 14 Febuari 2017, hingga saat ini pertama kali digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Majalah Caraka Muda selasa( 14/2/2016).

Kegiatan BPNB Sulut di hadiri perwakilan Kodam XII Merdeka,Kadis Pendidikan Sulut Gemmy Kawatu, Pimpinan Redaksi Majalah Caraka, Susana Pontoh, akademisi pelaku budaya dan pakar budaya.

Peristiwa 14 februari kini mulai menghilang.

Dari ingatan pada umumnya tanggal 4 februari bertepatan dengan hari Valentine Day, khusus bagi orang yang merayakannya apa lagi di Sulut sangat mengapresiasi 14 Febuari sebagai hari kasih sayang sedunia.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut menjelaskan disela-sela kegiatan, "Peristiwa merah putih 14 Feb di Sulut sangat penting bagi generasi muda dalam nenanamkan kesadaran nilai-nilai perjuangan untuk menunbuhkan nilai patriotisme dalan mengisi pembangunan, selain itu bagaimana untuk kedepan pemerintah dan elemen terkait untuk mengemas kegiatan peristiwa sejarah di daerah kita," tutur Rusli sapaan akrabnya.

Tambah Manorek, kesempatan ini siswa buat ikrar bersama dalam memperingati peristiwa merah - dalam hal ini nilai -nilai juang dan mengaktualisasi dalam kehidupan memupuk rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai persaudaraan dimasyarakat yang majemuk ini,saling memberikan motivasi antara satu dengan yang lain dalam mengembangkan diri semangat belajar,kreatifitas dan inovatif," harap Manorek.

Adapun tokoh dalam orasi merah putih kesempatan tersebut yakni; Mayjen TNI (purn) Daniel Ambat, John Kekenusa Ms Ivan Kaunang.

Diperkirakan dua ribu lebih peserta menghadiri kegiatan peristiwa bersejarah di  Tahun 2017 yang digelar di SMA Negeri 1 jalan siswa.

Penulis : Tevri

SHARE THIS

Author:

0 komentar: