09/11/2016

Inilah Daftar 10 Presiden Terkaya AS

   Wikipidia

IDINDO.com - Menjadi presiden Amerika Serikat kemungkinan menjadi salah satu pekerjaan yang paling didambakan. Namun, menjadi presiden AS bukan pekerjaan mudah bahkan seringkali sangat sulit dan "mengerikan".

Mantan presiden Richard Nixon bahkan pernah berkata, menyikat lantai dan membersihkan pispot jauh lebih terhormat ketimbang menjadi presiden.

Seburuk itukah? Tentu tidak. Menjadi presiden AS tentu memiliki banyak keuntungan, salah satunya finansial.

Faktanya, rata-rata mantan presiden AS memiliki kekayaan 62 juta dolar AS ata 200 kali lebih besar dari pendapatan rakyat AS kebanyakan.

Lalu siapakah presiden AS yang termiskin atau yang paling kaya? Berikut daftar 10 presiden AS paling kaya, dimulai dari urutan ke-10.

10. Bill Clinton (kekayaan 55 juta dolar AS)

Meski Bill Clinton merupakan pengacara sukses sebelum memasuki dunia politik, kekayaannya paling banyak dihasilkan setelah meninggalkan Gedung Putih.

Otobiografinya My Life terjual lebih dari 2,2 juta kopi. Selain itu, Bill mendapatkan banyak penghasilan dari honornya berbicara di berbagai ajang.

9. Franklin D Roosevelt (60 juta dolar AS)

FDR adalah presiden AS dengan masa jabatan paling panjang dalam sejarah negeri itu. Dia menghuni Gedung Putih selama 12 tahun.

Dia mendapatkan kekayaan dari warisan keluarganya dan keluarga istrinya, Eleanor. Namun, kekayaannya tak bisa menyaingi sepupunya Teddy.

8. Herbert Hoover (75 juta dolar AS)

Tak seperti presiden lainnya, Hoover tak mewarisi kekayaan apapun dari keluarganya. Faktanya, Hoover adalah yatim piatu yang mendapatan kekayaan dari industri pertambangan.

Sayangnya, bisnisnya yang sempat jaya tak mampu melewati masa depresi besar pada dekade 1920-an.

7. Lyndon B Johnson (98 juta dolar AS)

Johnson yang menjadi presiden setelah John F Kennedy tewas dibunuh, sukses menggerakkan bangsa AS lewat program perang melawan kemiskinan.

Johnson mendapatan sebagian besar kekayaannya dari kepemilikan tanah  yang sangat luas di Texas. 

6. James Madison (101 juta dolar AS)

Presiden yang berkuasa pada 1809-1817 ini dikenal sebagai "Bapak Konstitusi AS" dan mendapatkan penghasilan signifikan saat menjadi presiden dan menteri luar negeri.

Namun, kekayaan sesungguhnya adalah perkebunan seluas lebih dar i 1.600 hektar di Virginia yang dinamakan Montpelier.

5. Andrew Jackson (119 juta dolar AS)

Presiden yang memproklamirkan diri sebagai seorang populis yang membubarkan Bank Federal memiliki kekayaan yang cukup mengejutkan.

Kekayaannya terutama berasal dari kepemilikan tanah dan karier militernya.

4. Theodore Roosevelt (125 juta dolar AS)

Berkuasa pada 1901-1909, Teddy memang berasal dari keluarga kaya asal New York. Meski demikian dia pernah mengalami kesulitan keuangan di masa-masa awal hidupnya.

Namun, dia mulai mendapatkan kekayaan sebagai penulis dan menghasilkan lebih dari 40 judul buku sepanjang hidupnya.

Asetnya yang paling bernilai adalah perkebunan Sagamore Hill di Long Island.

3. Thomas Jefferson (212 juta dolar AS)

Presiden ketiga yang berkuasa pada 1801-1809 ini memiliki sejumlah usaha yang sukses. 

Namun, seperti halnya para pendiri AS, kekayaan sesungguhnya berasal dari properti milinya. 

Salah satunya adalah propertinya yang dinamakan Monticello di Virginia yang hingga kini masih dianggap salah satu keajaiban arsitektural.

2. George Washington (525 juta dolar AS)

Kekayaan presiden pertama AS yang luar biasa ini sepenuhnya berasal dari satu hal yaitu tanah.

Keluarga Washington adalah salah satu spekulan tanah paling sukses di Virginia dan perkebunan Miunt Vernon miliknya setidaknya memiliki luas 3.200 hektar.

1. John F Kennedy (1 miliar dolar AS)

Seperti ayahnya Joe Kennedy, JFK mendapatkan kekayaannya dari berbagai bisnis sukses seperti perbankan, saham, penjualan minuman keras, dan memproduksi film.


Verb

SHARE THIS

Author:

0 komentar: