28/11/2016

Ahok Unggul Khusus Pemilih Beragama Islam

   Ist

JAKARTA, MediaSulut.com - Kendati saat ini Ahok masih berstatus sebagai tersangka atas penistaan agama namun popularitasnya tak surut. Survei baru-baru ini yang dilakukan oleh lembaga Saiful Mujani Research and Consulting pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang yang berpasangan dengan Djarot Syaiful Hidayat, justru paling banyak dukungan dari warga muslim. Keduanya meraih 38,5 persen unggul atas 2 pasangan lainnya.
Lawan Ahok lainnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno 23,7 persen. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan dukungan sebesar 26,2 persen.
Direktur Program Saiful Mujani Research and Consulting Sirojuddin Abbas di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat menjelaskan Ahok lebih banyak dipilih pemilih Islam dibandingkan dengan Agus dan Anies. Saingan Ahok itu Agus, bukan Anies untuk mendapatkan suara dari pemilih muslim.
Sedangkan survei mereka yang beragama Kristen Protestan dan Katolik, Ahok unggul telak dengan meraup 95 persen.
Sedangkan responden suku Minang, suku Jawa, suku Betawi, suku Sunda, Tionghoa, dan Batak paling banyak mendukung Ahok-Djarot. Suku Jawa sebesar 51,1 persen, Betawi sebesar 33,8 persen, Sunda sebesar 37,4 persen, Tionghoa sebesar 71,4 persen, Batak sebesar 83,7 persen, dan lainnya sebesar 42,5 persen
Sirojuddin menyebutkan Ahok hanya kalah khusuny responden suku Minang. Diman Anies unggul dengan prosentasenya 48 persen, sedangkan Agus, pendukung terbanyaknya dari Suku Betawi, 32,5 persen, tapi masih berada di belakang Ahok,” kata Sirojuddin.
Sementara dari kategori tingkat pendidikan dan pekerjaan, Ahok juga masih jauh lebih unggul di semua tingkatan.
“Pasangan Ahok-Djarot sementara ini unggul atas pasangan Agus-Sylviana dan Anies-Sandi di hampir semua kategori sosio demografi,” kata Sirojuddin.


SHARE THIS

Author:

0 komentar: