12/10/2016

Jerry Massie Nilai Ahok Masih Pantas Pimpin DKI Jakarta


IDINDO.com - Pertarungan untuk merebut orang nomor satu di DKI Jakarta kian panas. Apalagi calon petahana Ahok baru saja dilaporkan ke Polda Metro Jaya akibat pernyataannya terkait Surat Almidah 51.

Pengamat Politik dan Peneliti Komite Pemilih Indonesia Dr Jerry Massie yang kini berada di Amerika Serikat (AS) ini mengingatkan agar setiap calon Gubernur Jakarta harus bersaing secara sehat, jangan membawa urusan teologis ke ranah politis.

Bagi dia, pernyataan Ahok tidak ada yang keliru hanya saja persepsi umat yang salah dalam menerjemahkan linguistik verbal Ahok, namun secara etimologis bahasa tutur yang disampaikan itu telah diplesetkan dan diputar-balikan arti sesungguhnya.

Orang yang berkoar kencang menurut Massie yang juga peneliti politik serta Pemilu Amerika ini, barangkali orang-orang yang ingin menjegal Ahok, barangkali mereka adalah lawan-lawan politik, yang tidak ingin dia berkuasa lagi. Isu agama dan ras tetap menjadi bumbu atau branding campaign mereka. Tapi ini tidak akan laku.

Memang para pesaing Ahok ingin menumbangkan dirinya dengan segala cara. Namun para pemilih rasional menurut Massie tak akan tergoyahkan kecuali pemilih swing voters (pemilih mengambang), begitu pula pemilih apatis dan skeptis.

Secara jujur Massie menjelaskan Pilkada DKI ada indikasi untuk menjatuhkan Ahok, bisa jadi ada orderan politik baik lembaga survey, media dan LSM.

"Warga DKI saya nilai sudah merasakan akan sentuhan Ahok yakni pembangunannya, dimana mantan Bupati Babel ini telah merubah citra Ibu Kota Jakarta, khususnya penataan kota ini. sungai atau kali yang bersih, taman-taman kota sudah baik, Namun pemilih idealis agamis masih sulit berubah mind set mereka, saya nilai tak akan mendukung Ahok selain pemilih NU," ujar dia.

Namun agak berbeda dengan Muhammadiyah kata Massie, barangkali basis massa ormas ini diprediksi akan memberikan dukungan ke pasangan Agus - Sylvia, pasalnya PAN mendukung anaknya Presiden SBY tersebut.

Khusus Pemilih grass root Massie menyebut suara kelompok bawah bisa terpecah. Namun prosentasi 60 persen masih percaya dengan Ahok.

Kendati demikian Ahok masih pantas pimpin Jakarta, katanya.




Editor : Nando Sandala

SHARE THIS

Author:

0 komentar: