01/10/2016

BEI Optimis Tax Amnesty Sampai Maret 2017 Capai Rp 150 Triliun


IDINDO.com - Direktur Utama (Dirut) Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio, mengaku optimistis raihan tebusan program pengampunan pajak (tax amnesty) dapat mencapai Rp 150 triliun sampai Maret 2017. Tito meyakini, banyak wajib pajak potensial yang baru berpartisipasi pada periode kedua atau ketiga program.
Tito menilai, khusus usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) merasa tidak perlu-buru karena dana tebusannya hanya 0,5 persen sampai akhir periode. Jadi, lanjut dia, masih bakal banyak UMKM yang akan berpartisipasi dalam program tax amnesty. Lebih lanjut, Tito mengungkapkan, pihaknya mencoba mengupayakan pendaftaran tax amnesty untuk UMKM dapat menggunakana online.
"Semoga bisa mereka registrasi tanpa harus tandatangan basah. Cukup secara online saja. Kalau bisa, dampaknya bagus karena banyak pelaku UMKM lokasinya jauh. Berat di ongkos. Kalau benar bisa, jangan-jangan malah jadi banyak wajib pajak baru," terangnya di Denpasar, Sabtu (1/10/2016).
Tito mengatakan, pihaknya sudah berbicara dengan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Ditjen Pajak untuk merealisasikan hal tersebut.
Secara umum, Tito menyebutkan, keikutsertaan dari pelaku UMKM berpotensi mencapai 30.000 sampai 40.000 pihak. Di luar itu, kata dia, potensi pemilik dana sengaja ikut serta di periode dua dan tiga juga ada.
"Sebab selisihnya tarif tebusannya hanya lebih mahal 1 persen. Banyak pemilik uang yang mengkalkulasi justru lebih menguntungkan di periode berikutnya," tambah Tito.

Sumber : Beritasatu

SHARE THIS

Author:

0 komentar: