13/09/2016

Sempat Ditolak, Reklamasi Teluk Jakarta Tetap Dilanjutkan

IDINDO.com - Reklamasi Teluk Jakarta yang sempat ditolak saat Rizal Ramli menjabat Menko Kemaritiman kini reklamasi tersebut dapat dilanjutkan berdasarkan beberapa kajian. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terkait nasib nelayan akan diurus oleh pemerintah, tandas Luhut usai rapat di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Selanjutnya Luhut berpendapat itu akan kita urus yang jumlahnya entah 12 ribu atau 24 ribu. Kalau kami punya data 12 ribu, itu semua perintah Presiden supaya mereka dapat prioritas untuk diurus.

Harapan besar Luhut sikap pemerintah ini, maka jangan ada lagi yang berkomentar pemerintah mengabaikan nasib nelayan atas keputusan mengizinkan kelanjutan proyek reklamasi.

Selanjutnya, Luhut menuturkan hal akan dibuat lebih baik dengan dana yang didapat oleh Pemda dari reklamasi, dan yang penting lagi itu rupanya 40 persen menjadi sumber air dari Jakarta," tuturnya.

Dirinya menjelaskan karena 2 meter air laut itu akan ke bawah, 7-8 meter di atas itu akan jadi sumber air untuk Jakarta, karena tidak ada sumber air untuk Jakarta selain yang paling mudah diambil dari situ.

"Keputusan melanjutkan reklamasi ini menurut Luhut sudah melalui beberapa kajian, tidak ada masalah dengan amdal dan lainnya. Dengan begitu juga mencabut keputusan Menko sebelumnya Rizal Ramli yang menghentikan reklamasi," tutur dia.

"Iya kira-kira begitulah (mencabut rekomendasi Rizal Ramli –red)," sebut Luhut.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: