19/09/2016

Polisi New York Buru Tersangka Bom Panci di Manhattan


IDINDO.com - Kepolisian New York, Amerika Serikat (AS), mengidentifikasi satu tersangka terkait ledakan bom panci presto di distrik Chelsea, Manhattan, pada Sabtu (17/9/2016) malam. Tersangka itu disebut bernama Ahmad Khan Rahami yang berusia 28 tahun. 

"DICARI: Ahmad Khan Rahami, 28, terkait ledakan di Chelsea (New York)," demikian bunyi kicauan Kepolisian New York atau NYPD dalam akun Twitter-nya, @NYPDnews, seperti dikutip detikcom, Senin (19/9/2016).

Kicauan yang sama juga disampaikan akun Twitter kantor Wali Kota New York,@NYCMayorsOffice. Biro Investigasi Federal (FBI) juga merilis poster Daftar Pencarian Orang (DPO) bagi Rahami, yang menyebut lebih jelas ciri-cirinya.

Disebutkan, Rahami berusia 28 tahun, berambut, bermata dan berjanggut cokelat. Dia disebutkan tinggal di kawasan Elizabeth, New Jersey dan disebutkan kemungkinan bersenjata dan berbahaya. Sedangkan dilansir media Inggris BBC, Rahami disebut sebagai warga negara naturalisasi AS yang berasal dari Afghanistan. 

Ahmad Khan Rahami (FBI/Handout via Reuters)Ahmad Khan Rahami (FBI/Handout via Reuters)

Sedangkan Wali Kota New York Bill de Blasio dalam Twitternya, @BilldeBlasio, me-retweet foto DPO Rahami dan mencuitkan, "Hal terpenting adalah menangkap orang ini segera dan tetaplah kuat dan waspada".

Ledakan yang terjadi di distrik Chelsea, tepatnya di antara 23rd Street dan 6th Avenue, berasal dari bom panci presto yang ditempatkan di dalam atau di dekat tempat pembuangan sampah. Usai ledakan terjadi pada Sabtu (17/9) pukul 20.30 waktu setempat, polisi menemukan bom panci presto lainnya di lokasi berjarak empat blok dari lokasi ledakan. Terdapat kabel hitam yang menjulur keluar dari panci presto itu.

Terkait dengan ledakan dan temuan bom panci presto itu, kepolisian AS memburu seorang pria terekam CCTV sedang menarik sebuah duffel bag atau tas berbentuk silinder, yang memiliki roda di bagian bawahnya, di dekat lokasi ledakan di West 23rd Street sekitar 40 menit sebelum ledakan. 

Selang 10 menit setelah ledakan terjadi, pria yang sama terekam CCTV di West 27th Street. Pria itu terlihat masih menarik duffel bag yang sama. Dalam rekaman CCTV, pria yang sama meninggalkan duffel bag yang dibawanya di lokasi polisi menemukan bom panci presto yang belum meledak. 

Belum diketahui pasti apakah Rahami merupakan pria yang terekam CCTV itu.

Berbagai sumber

SHARE THIS

Author:

0 komentar: