25/09/2016

Debat Perdana Trump - Hillary Bakal Alot


Laporan Jerry Massie dari Manhattan, New York Amerika

IDINDO.com - Debat dua pesaing utama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang diusung Partai Republik dan Hillary Clinton (Partai Republik) akan berjibaku pada Senin (25/9/2016). Ada yang menarik dalam debat kali ini dimana Hillary merupakan calon presiden pertama Amerika. Trump dan Hillary siap memaparkan visi dan misi untuk menarik simpati warga Amerika.

            Depan Trump Tower Manhattan NY

Hofstra University yang berlokasi di Hamsptead adalah tempat berlangsungnya debat ini. Sejumlah pengamat menyebut isu teror dan penggunaan senjata akan menjadi topik hangat yang bakal diangkat. Apalagi di Amerika dalam beberapa pekan ini sempat terjadi penembakan di sejumlah tempat seperti, America Mall (Minnesota), Washington DC, Tulsa (Oklahoma) dan Charllote (North Carolina)  Donald dan Hilary memiliki policy atau kebijakan yang berbeda.  

Trump bakal menyampaikan bebepapa hal terkait website termasuk rencana 39 isu. Raja estate ini juga akan berbicara tentang 9 isu proposal. Partai Republik mengatakan mereka akan mengangkat secara detil tentang sistem keadilan, keamanan nasional, medicare, pernikahan sejenis serta aborsi. 

Diperkirakan 100 juta lebih warga Amerika akan menyaksikan langsung debat perdana ini lewat siaran televisi. Donald Trump bakal tampil dengan plattform atau jargon unggulannya "Make America Great Again" atau "American First" sedangkan Hillary dengan "Stronger Together" Moody Tengker Warga Amerika keturunan Indonesia yang sudah lama menetap di New York mengatakan persaingan kedua calon presiden ke-45 akan ketat dan alot. Apalagi keduanya berasal dari New York.

"Untuk pemilih putih, saya nilai Trump bakal unggul tapi untuk pemilih imigran dan kulit hitam atau Amerika - Afrika saya lihat Hillary bakal unggul dia bisa mendulang suara yang besar," kata Tengker.

Lanjut kata Dia peluang terbesar ada ditangan Trump apalagi dia menang dalam polling di sejumlah state seperti; Ohio, Florida, Georgia, Nevada, North Carolina dan Louisiana. Kendati Hillay menang 46 % - 44 % pada polling Washington Post tapi Tengker optimis Trump akan memenangkan pertarungan tersebut.

Suasana di New York masih normal seperti terpantau IDINDO.com.

SHARE THIS

Author:

0 komentar: