29/08/2016

Sebelum Meninggal Fredi Budiman Sebut 3 Nama Aparat


IDINDO.com - Anggota Tim Independen Polri, Hendardi mengaku sudah menyaksikan video testimoni Fredi Budiman yang dibuat H-1 sebelum dieksekusi. Dalam video itu Fredi sempat menyebut nama sejumlah aparat.

"Menyangkut nama-nama aparat, bahwa benar ada disebut setidaknya tiga nama, namun tidak dalam kaitannya dengan aliran dana sebagaimana kesaksian FB kepada HA,' katanya kepada merdeka.com, Senin (29/8).

Dia mengaku sengaja tidak menyebut nama atau inisial untuk menghindari interpretasi yang keliru karena dikhawatirkan berpotensi mengganggu proses penyelidikan. "Termasuk untuk memastikan adanya perlindungan hak bagi seseorang," tuturnya.

Menurutnya, video sebagai salah satu petunjuk awal di tengah keterbatasan petunjuk-petunjuk awal dari kesaksian Fredi. Setelah ini tim masih akan melakukan penelusuran untuk mencari bukti-bukti lain.

Video ini diambil oleh Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM. Ada tiga bagian dalam video tersebut; bagian pertama berdurasi 39 detik, kedua berdurasi 18 menit 43 detik, dan ketiga 1 menit 25 detik.

"Video tersebut dibuat pada 28 Juli 2016, sekitar jam 17.00 lewat secara berurutan," tuturnya Ketua Setara Institute itu.

Di video itu, kata Hendardi, Fredi juga menceritakan perjalanan spiritualnya selama di penjara hingga menjelang proses eksekusi dan mengaku telah bertobat. Dia juga memberikan evaluasi dan saran menyangkut penanganan narapidana di lembaga pemasyarakatan dalam kaitan menghapuskan praktik peredaran narkoba di LP.

"FB juga mengimbau agar penanganan napi narkoba dilakukan secara ketat, tidak dipindahkan dari satu penjara ke penjara lain, termasuk keharusan adanya isolasi dari napi lain," tandasnya.

Sumber : merdeka.com




SHARE THIS

Author:

0 komentar: