31/08/2016

Ada Perusahan di Bitung Ekspor Ikan Hiu

Ilustrasi ikan Hiu.
BITUNG, IDindo.com – Rupanya ada berbagai jenis ikan diekspor sejumlah perusahaan perikanan yang di Kota Bitung keluar negeri, termasuk ikan Hiu.

Lebih mengejutkan lagi, ada salah satu peruhaan perikanan di Tanjung Merah yang diduga selama ini melakukan aktifitas mengekspor ikan Hiu ke sejumlah negara di ASIA.

Salah satu contoh, satu container berisi ikan Hiu tertahan tak bisa dikirim karena masalah perijinan ekspor yang dikeluarkan sejumlah instansi di Kota Bitung.

Menurut Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Pemkot Bitung, Liesje Macawalang, container berisi ikan Hiu siap ekspor itu adalah milik PT TJF di Tanjung Merah.

“Beberapa waktu lalu pihak dari PT TJF mengajukan permohonan ijin ekspor ikan Hiu kepada kami, namun tak kami kabulkan karena belum memiliki dokumen pendukung lainnya,” kata Liesje, Rabu (31/8/2016).

Ia mengatakan, sesuai prosedur, ekspor ikan harus mengantongi rekomendasi dari Balai Karantina selaku instansi yang merekomendasikan kelayakan ikan.

“Mereka yang lebih berhak menentukan apakah ikan layak diekspor atau tidak. Juga mereka yang memeriksa apakah ikan yang akan diekspor dilindungi atau tidak,” katanya.

Sementara itu, dari informasi, ikan Hiu yang akan di ekspor PT TJF itu adalah hasil tangkapan nelayan di perairan Sulawesi yang dikumpulkan.

Sesuai data WWF Indonesia, Hiu adalah predator puncak dan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan ekosistem laut. Mengatur perdagangan adalah kunci untuk melindungi spesies penting ini dan memastikan laut tetap produktif berkontribusi untuk ketahanan pangan.

Diperkirakan 90% populasi hiu di beberapa lokasi di dunia mengalami penurunan drastis. Spesies ini diburu untuk sirip, daging, kulit, minyak hati dan tulang rawannya.

Permintaan pasar akan sirip hiu terbesar berasal dari Asia, yang kemudian menjadi pendorong atas penangkapan ikan secara berlebihan yang mengakibatkan penurunan populasi. Sirip oceanic whitetip dan hammerhead diburu karena bernilai tinggi, sementara sepiring produk olahan insang pari manta dicari untuk tonik kesehatan di Cina Selatan.(bmc)

SHARE THIS

0 komentar: